Home Jalan-jalan / Traveling

Menikmati Keindahan Kota Nganjuk Dari Puncak Bukit Watu Lawang

Puncak Bukit Watu Lawang
Spot foto sarang burung raksasa.

Nganjuk adalah salah satu kota di Jawa Timur yang lagi gencar- gencarnya melaksanakan promosi di bidang wisata. Kota ini mempunyai banyak opsi destinasi wisata mulai dari air terjun sampai pengunungan. Salah satunya merupakan Watu Lawang ataupun biasa pula diucap dengan Bukit Watu Lawang. Letak wisata ini berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.  Sesuai dengan namanya, Watu dalam Bahasa Jawa berarti batu dan Lawang berarti pintu, maka bukit ini diibaratkan sebagai pintu yang mengantarkan pengunjung menuju tempat yang menyimpan banyak bebatuan.

Untuk bisa sampai di kawasan wisata Bukit Watu Lawang, dari pusat kota biasanya membutuhkan waktu hingga satu jam dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Untuk lebih mudahnya, kawasan wisata ini terletak bersebelahan dengan kawasan wisata Air Terjun Sedudo. Tak perlu takut bosan di perjalanan karena di sepanjang jalan menuju Bukit Watu Lawang juga tersedia panorama indah pegunungan dan dataran tinggi. Akses jalan juga sudah dibangun dengan sebaik mungkin sehingga tidak ada lagi jalan berlubang dan sejenisnya. Kawasan wisata ini masih belum banyak diketahui khususnya wisatawan dari luar Kota Nganjuk. Oleh sebab itu, tempat ini dapat jadi saran yang sesuai untuk kamu yang masih mencari destinasi wisata buat liburan.

Puncak Bukit Watu Lawang
Panorama air terjun bertingkat.

Tiket masuk Bukit Watu Lawang ini sangat terjangkau ialah cuma Rp 5. 000 per orang. Sebaliknya bayaran parkir buat sepeda motor merupakan Rp 5. 000 serta Rp 10. 000 buat mobil. Kawasan wisata ini buka mulai dari jam 07. 00 Wib serta tutup pada jam 16. 00 Wib waktu setempat. Kala berkunjung ke mari, wisatawan wajib berjalan kaki menapaki tanah serta sebagian tangga buatan yang telah disediakan. Di perjalanan menuju puncak bukit, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan hutan yang tidak terlalu lebat sekaligus spot foto dengan tulisan-tulisan yang instagramable. Sangat cocok untuk anak-anak muda yang senang berburu foto di tempat yang bagus.

Sekitar 15 menit berjalan kaki pengunjung sudah bisa mencapai puncak Bukit Watu Lawang. Dari atas bukit ini pengunjung bisa melihat indahnya Kota Nganjuk ditemani dengan semilir angin yang sejuk. Tersedia juga spot foto utama, yaitu sarang burung raksasa yang tak kalah indah dengan latarbelakang panorama Gunung Ngliman. Tidak cuma itu, wisatawan pula dapat memperoleh panorama air terjun bertingkat yang berjumlah 7. Seluruhnya sangat indah dengan dilengkapi panorama alam hijau di sekelilingnya yang ialah lereng bukit Gunung Wilis.

Puncak Bukit Watu Lawang
Spot foto sarang burung raksasa.

Karena tempatnya yang luas, Bukit Watu Lawang ini juga bisa digunakan untuk piknik atau camping dan pengunjung bisa bebas memilih tempat untuk mendirikan tenda di atas bukit. Umumnya wisatawan terencana bermalam buat memperoleh atmosfer sunset maupun sunrise. Sangat cocok bila dinikmati dengan segelas kopi ataupun teh buat menghangatkan badan sebab temperatur yang dingin. Juga ditemani dengan keluarga maupun teman-teman.

Jika setelah puas menikmati keindahan Bukit Watu Lawang, wisatawan juga bisa mencoba kuliner yang ada di warung-warung warga. Warung-warung ini terletak persis di sebelah bukit sehingga tidak perlu turun lagi ke bawah. Menu yang tersedia juga sangat beragam mulai dari makanan berat seperti nasi pecel hingga jajanan ringan seperti gorengan yang tentunya juga dengan harga yang sangat terjangkau. Sungguh kombinasi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja apalagi jika tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jadi bagaimana? Seru banget kan berkunjung ke Bukit Watu Lawang? Kalau kamu sedang ada di Kabupaten Nganjuk, jangan lupa berkunjung ke sini ya!

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top